Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 6, 7, 8 Kurikulum 2013

Lihat Juga
Loading...
Kunci Jawaban Tema 5 Kelass 6 Halaman 6, 7, 8 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 5 Wirausaha Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran 1 Halaman 6, 7, 8 Kelas 6 K13 Revisi Terbaru yang kami bagikan ini bisa teman-teman jadikan sebagai jawaban untuk mengisi soal-soal latihan yang terdapat pada Buku Siswa.

Sebelum kami memposting kunci jawaban untuk halaman 6, 7, 8 ini, pada artikel kami sebelumnyapun kami sudah berbagi kunci jawaban Tema 5 Pembelajaran 1 yaitu, Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 5 yang bisa teman-teman lihat atau rekomendasikan juga untuk teman yang mebutuhkan kunci jawaban tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 6, 7, 8 Kurikulum 2013

Semua kunci jawaban yang kami bagikan ini sudah sesuai dengan materi dan soal-soal yang terdapat pada Buku Siswa. Jadi silahkan teman-teman gunakan kunci jawaban ini untuk mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh guru.

Lihat juga:

Namun tentunya kami juga menghimbau untuk melihat kembali kunci jawabannya, kalau memang kunci jawaban perlu penambahan atau kurang tepat, silahkan teman-teman lengkapi atau tambah dengan jawaban teman-teman.

Kunci Jawaban Tematik SD ini kami bagikan semata-mata untuk membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Teman-teman bisa melihat semua kunci jawaban untuk Tema 5 kelas 6 ini pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 kelas 6.

Pertanyaan atau soal-soal pada halaman 6, 7, 8 ini sudah berbeda materi dengan soal-soal pada halaman sebelumnya. Materi yang akan di bahas adalah tentang Magnet. Materi Magnet ini merupakan rangkaian materi yang di lanjutkan atau di sambung pada materi sebelumnya.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 6, 7, 8

Kunci jawaban untuk halaman 6, 7, dan 8 ini berhubungan dengan materi Magnet. Dan berikut ini silahkan Anda lihat langsung kunci jawaban dari tiap-tiap halamannya.

Ayo Mencoba
Apakah kamu pernah menemukan magnet di sekitarmu? Di mana saja kamu menemukan magnet? Apa yang kamu ketahui tentang magnet?
Diskusikan jawaban pertanyaan di atas dalam kelompok.
Tuliskan hasil diskusimu.
Ya pernah, saya pernah menemukan Magnet.
Saya menemukan Magnet di rumah pada Speaker yang sudah rusak.
Magnet adalah suatu objek yang memiliki medan magnet yang dapat menarik benda berbahan logam.

Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang magnet.
1. Ada berapakah jenis magnet, jelaskan?
2. Apa fungsi magnet?
3. Bagian-bagian apa saja yang ada di magnet?
4. Bagaimana cara kerja magnet?
5. Dimana magnet dapat kita temukan dalam kehudupan sehari-hari?

Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan salah seorang temanmu. Minta teman tersebut menjawab pertanyaan yang kamu buat.

Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan magnet yang telah disediakan oleh gurumu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 6, 7, 8

Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab pertanyaan berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang magnet?
Magnet adalah suatu benda yang mampu menarik benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus. Magnet adalah sebuah material yang memiliki kemampuan menarik besi atau baja (dan material berjenis logam lainnya).

Setiap magnet mempunyai sifat kemagnetan.
Apa sih sifat kemagnetan?
Sifat kemagnetan adalah kemampuan benda dalam menarik benda-benda lain di sekitarnya.

Gaya Magnet
Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda disekitarnya karena memiliki sifat kemagnetan atau magnetis. Kemagnetan atau magnetis adalah kemampuan benda untuk menarik benda-benda lain yang ada di sekitarnya. Gaya magnet dapat menyebabkan tertariknya benda-benda di sekitarnya. Kekuatan magnet menarik benda-benda tertentu disebut gaya magnet.

Medan Magnet
Medan magnet adalah daerah atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet tidak dapat kita lihat, tetapi dapat digambarkan. Besar medan magnet tergantung pada kekuatan magnet. Medan magnet dapat ditunjukan dengan menggunakan serbuk besi yang ditaburkan di atas kertas dan dapat pula menggunakan kompas.

Arah medan magnet yang berupa garis-garis yang menghubungkan kutub-kutub magnet disebut dengan garis gaya magnet. Garis gaya magnet memiliki ciri antara lain sebagai berikut :
  • Garis gaya magnet memiliki arah meninggalkan kutub utara dan menuju kutub selatan.
  • Garis gaya magnet selalu tidak berpotongan.

Daerah yang garis-garis gaya magnetiknya rapat menunjukkan medan magnetik yang kuat, sedangkan daerah yang garis-garis gaya magnetiknya kurang rapat menunjukkan medan magnetik yang lemah.

Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?
Jenis-jenis Magnet: Magnet Alam dan Buatan

Magnet dapat dibedakan menjadi magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam sesungguhnya telah dikenal orang sejak dahulu, terutama di kalangan  orang-orang Magnesia yang beranggapan bahwa batu magnet yang di temukan tersebut memiliki kekuatan yang supranatural. Magnet yang digunakan oleh bangsa Yunani dan Cina disebut sebagai magnet alam karena magnet tersebut ada tanpa proses pembuatan. Selain itu, juga ditemukan secara alami magnet bumi termasuk magnet alam.

Magnet buatan adalah megnet yang sengaja dibuat oleeh manusia. Magnet buatan dapat dibuat dari besi, baja, atau bahan campuran logam lainnya. Bentuk magnet buatan yang biasa ditemukan yaitu magnet yang bentuk batang, magnet silinder, magnet jarum, magnet ladam (tapal kuda).

Sifat Magnet
Magnet memiliki beberapa sifat antara lain memiliki gaya tarik, memiliki dua buah kutub, kutub senama tolak menolak dan kutub tidak senama tarik menarik, serta memiliki gaya yang dapat menembus benda tertentu.
  • Magnet Memiliki Gaya Tarik. Gaya magnet adalah gaya yang dimiliki oleh magnet sehingga dapat menarik benda-benda lain, makin dekat dengan magnet, gaya tarik magnet akan semakin kuat. Sebaliknya jika makin jauh dari magnet, gaya tarik magnet makin kecil. Dengan kejadian seperti itu, maka magnet memiliki gaya tarik.
  • Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet tidak sesama tarik menarik dan sesama akan menolak Sama halnya dengan gaya listrik, gaya magnet juga berupa tarikan dan tolakan. Jika kutub yang sama didekatkan maka akan saling tolak-menolak dan jika kutub yang berbeda yaitu utara dan selatan di didekatkan maka akan saling tarik menarik.
  • Magnet Memiliki Gaya yang dapat Menembus Benda. Daya tembus benda di pengaruhi oleh beberapa factor antara lain ketebalan penghalang, jenis penghalang, kekuatan penghalang, serta jarak  antara magnet dan benda. Kekuatan gaya tarik magnet tidak sama di setiap sisinya.
  • Magnet dapat menarik benda lain yang berasal dari bahan logam. Akan tetapi tidak semua logam dapat ditarik oleh magnet. Bahan logam yang memiliki daya tarik yang tinggi oleh magnet dalah  besi dan juga baja.
  • Sifat kemagnetan dapat melemah atau hilang karena hal tertentu, seperti sering jatuh, terbakar, atau lainnya.

Kutub Magnet
Semua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu. Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat. Daerah ini disebut kutub magnet. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Sering kita menjumpai magnet yang bertuliskan N dan S. N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari North yang berarti Utara), sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari South yang berarti selatan).

Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.
Magnet memiliki dua kutub, daerah gaya magnetnya paling kuat.
Arti simbol U pada Magnet menunjukkan kutub utara.
Arti simbol S pada magnet menunjukkan kutub selatan.
Seringkali kita jumpai Magnet yang bertuliskan N dan S.
N (north) berarti utara dan S kutub selatannya (south/ selatan).

Jelaskan perbedaan bentuk masing-masing magnet.
Magnet jarum menyerupai jarum kompas dengan kedua ujung atau kutub Magnet yang runcing.
Magnet U (ladam) berbentuk seperti tapal kuda atau serupa dengan huruf U.
Magnet cincin, magnet ini memiliki bentuk bulat menyerupai cincin.
Magnet keping/ lingkaran, magnet ini memiliki bentuk menyerupai kepingan logam.

Macam-macam Bentuk Magnet
Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Selain itu, ada juga magnet yang berbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Pada bentuk-bentuk ini, kutub magnet berada pada ujung-ujung magnet tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 6, 7, 8

Jenis Bahan yang Ditarik Oleh Magnet
Berdasarkan sifat kemagnetannya, jenis bahan magnet secara umum terbagi menjadi dua, yaitu bahan magnetik (feromagnetik) dan bahan nonmagnetik.

1. Bahan Magnetik (Feromagnetik)
Feromagnetik adalah benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet. Jika benda jenis feromagnetik berada dekat dengan magnet, magnet akan menarik benda tersebut. Selain itu, benda yang termasuk bahan feromagnetik dapat dijadikan suatu magnet. Contoh bahan feromagnetik adalah baja, besi, nikel, dan kobalt.

2. Bahan NonmagnetikBahan nonmagnetik terbagi atas:

Paramagnetik
Paramagnetik adalah benda yang dapat ditarik dengan lemah oleh magnet kuat. Contohnya alumunium, tembaga, platina, dan lain-lain.

Diamagnetik
Diamagnetik adalah benda yang menolak magnet. Benda ini tidak dapat ditarik sama sekali oleh magnet meski berada sangat dekat dengan magnet yang kuat. Contoh benda diamegnetik adalah emas, seng, merkuri, dan lainnya.

Tahukah Kamu?
Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik bendabenda yang mengandung logam.

Ketika batu itu digantung, batu tersebut berputar. Salah satu ujungnya selalu menunjuk ke arah utara. Karena batu itu ditemukan di Magnesia, orang Yunani menamainya magnitis lithos.

Orang Yunani tidak mengetahui lebih lanjut bagaimana sifat-sifatnya, namun mereka telah mengamati ciri-ciri bahan yang disebut magnet.

Saat ini banyak teknologi yang menggunakan magnet. Pengeras suara, layar TV, dan kaset merupakan contoh-contohnya.

Kutub-Kutub Magnet

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 6, 7, 8

Semua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu. Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat.

Daerah ini disebut kutub magnet. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Sering kita menjumpai magnet yang bertuliskan N dan S. N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari North yang berarti Utara), sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari South yang berarti selatan).

Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Selain itu, ada juga magnet yang berbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Pada bentuk-bentuk ini, kutub magnet berada pada ujung-ujung magnet tersebut.

Itulah artikel yang dapat kami ulas terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 6, 7, 8. Semoga dengan adanya kunci jawaban ini bisa membentu teman-teman semua dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Selanjutnya, kami juga berbagi kunci jawaban untuk halaman berikutnya, mungkin teman-teman juga membutuhkan Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 10, 12, 13, 14.

Ayo berbagi kunci jawaban ini pada teman-teman yang lainnya agar semakin banyak yang terbantu dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau ingin reques kunci jawaban yang mungkin belum ada di disini, silahkan sampaikan pada kami melalui kolom komentar atau halaman Contact, terima kasih.
Loading...

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 6, 7, 8 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel