Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133 Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133 - Kunci Jawaban dan Pembahsan Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 5 Wirausaha Subtema 3 Ayo, Belajar Berwirausaha Halaman 132, 133 Kelas 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru yang kami bagikan ini merupakan kelanjutan dari tugas-tugas yang ada pada buku pelajaran. Dimana dengan adanya kunci jawaban ini diharapkan akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah.

Pada postingan kami sebelum ini, kami juga telah berbagi kunci jawaban untuk Tema 5 Pembelajaran 3 yaitu, Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 129. Mungkin teman-teman juga sudah melihat kunci jawabannya. Namun kami juga mengharapkan teman-teman bisa berbagi kunci jawaban tersebut dengan share artikelnya kepada teman-teman lain yang membutuhkan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133 Kurikulum 2013

Perlu teman-teman ketahui, bahwa semua kunci jawaban yang kami bagikan ini merupakan alternatif jawaban. Memang kunci jawaban yang kami bagikan ini sudah sesuai dengan soal-soal latihan atau pertanyaan yang ada. Namun kami juga menyarankan untuk di amati kembali jawabannya, apakah sudah sesuai dengan perintah atau arahan guru atau belum.

Baca juga:

Kunci Jawaban Tematik ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang diberika oleh guru. Dan kami juga berharap nilai-nilai yang diperoleh teman-teman dalam tugas-tugas sekolah akan semakin baik lagi. Teman-teman bisa melihat kumpulan lengkap untuk kunci jawaban kelas 6 Tema 5 ini pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6.

Materi dan soal pada Halaman 132, 133 ini masih berkaitan dengan materi dan soal pada halaman sebelumnya. Materi pada Halaman 132, 133 ini adalah tentang usaha dan kreativitas. Untuk lebih jaslnya, silahkan simak materi, soal dan kunci jawabannya berikut ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 132, 133

Ingatkah kamu bahwa kreativitas menjadi modal utama dalam berwirausaha? Selain itu, diperlukan juga ketekunan dalam berwirausaha seperti kisah “Man” berikut ini.
Kreativitas dan ketekunan adalah modal dalam melakukan wirausaha.

Ayo Membaca
Baca dalam hati teks berikut:

Gelang Benang, Kreatif Mengisi Waktu Luang

Man, seorang anak laki-laki Suku Sasak dari Desa Sade, Lombok. Usianya hampir 12 tahun. Ia baru saja menyelesaikan ujian akhir tingkat SD di sekolahnya. Usai sekolah, Man dan beberapa teman seusianya secara kreatif mengisi waktu luang dengan berjualan aneka warna gelang benang buatan sendiri. Sejak dini, anak-anak Suku Sasak terbiasa menyaksikan kaum ibu memintal benang dan menenun kain. Sisa benang aneka warna mereka jalin dengan beragam kreasi untuk dijadikan gelang.

Desa Sade terletak di Lombok Tengah, tidak jauh dari Pantai Kuta. Melihat ramainya wisatawan pengunjung pantai, Man dan teman-teman melihat peluang usaha untuk mengisi waktu luang mereka. Menjelang sore hari, mereka menawarkan berbagai aneka gelang benang buatan mereka ke wisatawan pengunjung pantai. Dengan kreatif mereka membuat berbagai ragam jalinan untuk ditawarkan. Kadangkala, mereka sisipkan manikmanik kayu untuk mempercantik gelang. Menyadari bahwa harga gelang yang dijual tidak dapat terlalu tinggi, mereka mengganti benang hasil pintalan kapas dengan benang jahit yang mereka beli di pasar. Seuntai gelang mereka jual dengan harga Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00. “Dalam sehari, biasanya aku bisa menjual lima sampai enam gelang. Rata-rata dalam sehari kami bisa membawa pulang uang Rp30.000,00,” ujar Man. Ketika ditanyakan untuk apa uang hasil jualan tersebut, “Untuk menambah uang jajan, dan membeli perlengkapan sekolah,” jawabnya sambil tersenyum lebar.

Walau tidak pernah diminta oleh kedua orang tuanya untuk membantu keuangan keluarga, Man selalu memberikan uang hasil jualannya kepada ibunya. Ketika sewaktu-waktu ingin membeli barang keperluan sekolah, ibunya akan memperbolehkan Man menggunakan uang tersebut. Man tidak kehilangan waktu bermainnya karena berjualan. Ia berjualan sambil bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai dengan temantemannya.

Menjelang matahari terbenam, Man dan teman-temannya pulang untuk mengerjakan tugas sekolah dan beristirahat. Ketika tugas sekolah sudah selesai, Man membuat beberapa gelang untuk mengisi kembali persediaan untuk berjualan esok hari.

Man bangga ketika gelang hasil buatannya dipuji oleh wisatawan. Sederhana, namun unik dan kreatif, begitu komentar para wisatawan terhadap gelang benang buatan Man dan teman-temannya. Kreativitas Man dalam memanfaatkan waktu luang memberinya pembelajaran hidup yang tak ternilai.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan bacaan.

1. Apa jenis usaha yang dilakukan Man dan teman-temannya untuk mengisi waktu luang mereka?
Anak-anak tersebut beserta teman mereka membuat gelng dari benang, kemudian menjualnya pada masyarakat.

2. Mengapa diperlukan kreativitas dan ketekunan dalam menjalankan usaha tersebut? Jelaskan secara singkat!
Gelang benang merupakan produk yang erat kaitannya dengan nilai keindahan atau estetik. Produk seperti ini mensyaratkan adanya kreativitas dari pembuatnya untuk mengekspresikan nilai-nilai keindahan dalam bentuk fisik sebuah produk.

3. Apa manfaat usaha anak-anak tersebut bagi kehidupan mereka?
Manfaat usaha anak-anak tersebut bagi kehidupan mereka adalah mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan untuk membantu orang tua dan keluarganya.

4. Faktor-faktor apa yang mereka pertimbangkan saat melakukan usaha tersebut?
Kualitas produk yang akan ditawarkan, akses terhadap modal, nilai jual produk, hingga keuntungan yang ditargetkan.

5. Sikap apa yang bisa kamu pelajari dari usaha anak-anak tersebut?
Sikap yang dapat dipelajari dari usaha anak-anak tersebut adalah pantang menyerah, komitmen, disiplin, kejujuran, hingga kreativitas dalam berusaha.

6. Bagaimana kamu menghargai hal yang dilakukan oleh setiap orang dalam cerita tersebut?
Kita dapat menghargai hal yang dilakukan oleh setiap orang pada cerita tersebut dengan cara memberikan pujian, semangat atau nasehat yang positif pada apa yang telah mereka lakukan. Dengan cara membeli barang yang mereka buat serta memebrikan saran untuk mengembangkan produk yang mereka buat.

Sekian kunci jawaban yang dapat kami bagikan untuk teman-teman semua terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133. Harapan kami, setelah teman-tema mengumpulkan tugasnya, nilai yang teman-teman dapat akan semakin baik, sehingga bisa menolong pada nilai raport nantinya.

Untuk postingan kami selanjutnya, kami masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 5 Subtema 3. Dan semua kunci jawaban yang kami bagikan tersebut tentunya sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Nah silahkan teman-teman lihat kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 135, 139, 140.

Jika teman-teman rasa kunci jawaban ini membantu, jangan sungkan untuk berbagi dengan teman-teman yang lainnya yang juga membutuhkan kunci jawaban seperti ini. Share atau bagikan artikel ini kepada teman-teman yang lainnya. Pertanyaan atau ingin reques kunci jawaban lainnya silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar atau hubungi kami melalui laman Contact, terima kasih.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133 Kurikulum 2013"