Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94, 95 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Lihat Juga
Loading...
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94, 95 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 94, 95 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Kelas 6 (VI) Semester 1 ini kami sajikan untuk teman-teman semua, sebagai alternatif jawaban untuk memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Selain dari kunci jawaban soal-soal latihan, kami juga menyediakan jawaban dari tugas lainnya, seperti hasil laporan percobaan, contoh poster dan lainnya, silahkan teman-teman cari dan lihat saja, sesuai dengan halaman tugas pada buku pelajaran.

Sbelumnya kami sudah berbagi juga kunci jawaban untuk tema 4 subtema 2 ini, teman-teman bisa melihat kunci jawabannya pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 91, 92. Kami membuat dan menyediakan kunci jawaban ini untuk membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Bukan hanya itu saja, kami juga berharap teman-teman jadikan soal-soal dan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94, 95

Kami mengingatkan selalu pada tiap postingan kami, agar teman-teman memanfaatkan soal-soal dan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah. Karena mempelajari soal-soal seperti ini akan jauh lebih efektif ketimbang teman-teman membaca semua materi pada buku pelajaran. Siapkan diri dari sekarang untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester. Semoga saja dengan rajinnya teman-teman belajar, bisa membantu teman-teman saat ulangan nantinya.

Lihat juga:

Kami selalu menyampaikan pada setiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 ini tidak lain hanya untuk membantu teman-teman semua dalam menyelesaikan tugas sekolah, yang mungkin ada sebagian kunci jawabannya sulit di cari pada buku pelajaran. Tidak hanya kunci jawaban dari soal-soal latihan saja, namun kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas lainnya, seperti hasil laporan, pengamatan, contoh poster dan lainnya. Untuk melihat kunci jawaban dari tugas-tugas pada tema 4 kelas 6, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6.

Pada halaman 94, 95 ini teman-teman akan mempelajari lagi materi listrik di era globalisasi. Dimana disini materinya dimulai dari teman-teman membacakan dan menyimak materi atau bacaan tentang Mengapa Harus Hemat Listrik. Seperti biasanya setelah selesai membaca dan guru selesai menyampaikan materinya. Teman-teman pastinya akan di tugaskan untuk mengerjakan soal-soal latihan terkait materi tersebut atau terkait bacaan tersebut. Dan seperti biasa, kami sudah menyiapkan materi, soal dan kunci jawabannnya berikut ini, silahkan teman-teman simak ya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94, 95

Di era globalisasi sekarang ini, dengan mempraktikkan sikap hidup hemat listrik juga merupakan wujud dari cinta tanah air. Mengapa kita harus hemat listrik?

Ayo Menulis

Baca kembali peta pikiran yang telah kamu buat pada pembelajaran tiga.

Peta pikiran tersebut berisi tentang informasi dari teks berjudul “Mengapa
Harus Hemat Listrik” yang dibacakan gurumu.
Baca kembali teks tersebut berikut ini dengan teliti!

Mengapa Harus Hemat Listrik?

Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini butuhkan energi listrik, mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/industri, bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik. Tanpa listrik kita gak bisa bayangin gimana jadinya hidup ini. Namun, dibalik manfaatnya, energi listrik ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan di Bumi jika kita menggunakannya secara berlebihan.

Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan dengan meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global. Meningkatnya suhu Bumi antara lain gara-gara gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan hijau yang berfungsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global bikin cuaca tidak teratur, musim panas yang panjang banget hingga berakibat kekeringan di mana-mana. Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan tenggelamkan sebagian besar daratan. Kalo hal ini terus terjadi, maka manusia bakal terancam habitatnya gara-gara pemanasan global.

Buat menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik. Contoh gampangnya yang bisa kita lakukan adalah:
Pilih peralatan hemat energi, kayak mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.

Pahami lingkungan sekitar kita. Jika menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan kalo udah matiin semua peralatan listrik yang gak dipakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll.) sebelum meninggalkan ruangan.
Dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan bumi kita secara nyata. Kita bisa bayangkan berapa besar energi listrik yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.

Perhatikan kata-kata bercetak miring pada teks tersebut.
Tuliskan kosakata nonbaku tersebut dalam tabel berikut dan carilah padanan kata bakunya.
Buatlah kalimat menggunakan kosakata baku tersebut, dengan memerhatikan pemakaian kalimat efektif.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94, 95

Baca kembali teks eksplanasi “Mengapa Harus Hemat Listrik”.
Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.
Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini.

Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94, 95

Pembahasan jawaban:
Halaman 1 (Judul)
Mengapa harus hemat listrik

Halaman 2 : Pernyataan Umum
Paragraf 1 :
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini membutuhkan energi listrik.

Paragraf 2
  • Pemborosan energi membuat suhu bumi meningkat/pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh gas buang dari peralatan elektronik, gas buang hasil pembakaran dari kendaraan bermotor, serta berkurangnya lahan hijau.
  • Pemanasan global membuat cuaca tidak menentu, musim panas yang panjang menyebabkan kekeringan, mencairnya pegunungan es di kutub bumi yang dapat mengancam keberadaan manusia.

Halaman 4: Deret Penjelas
Paragraf 3 :
Salah satu cara untuk menghindari pemanasan global yaitu dengan menghemat listrik. Contohnya memilih peralatan hemat listrik dan mematikan semua peralatan listrik sebelum meninggalkan ruangan kosong.

Halaman 5 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Paragraf 4 :
Dengan melakukan hal itu, kita telah menyelamatkan bumi. Sungguh besar energi yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.

Kamu dapat membuat ilustrasi gambar sesuai dengan isi informasi pada setiap halamannya.
Kamu dapat menggunakan lembar kertas lain, sehingga tulisanmu dapat dipajang di kelas.
Setelah selesai, kamu dapat saling menceritakan isi gambar berserimu kepada teman-teman di kelas.

Untuk postingan kami berikutnya, kami masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya. Untuk melihat kunci jawabannya silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 99, 100. Kunci jawaban tersebut juga kami buat berdasarkan materi-materi pada buku pelajaran, jadi silahkan teman-teman gunakan untuk mengerjakan tugas sekolah.

Sekian pembahasan yang dapat kami ulas pada artikel kami ini terkait Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94, 95 Kurikulum 2013 Revisi. Selalu semangat ya teman-teman dalam mengerjakan tugasnya, karena nilai-nilai harian dari tugas-tugas yang di kerjakan akan menjadi nilai tambahan untuk teman-teman nantinya. Maka dari itu, jangan abaikan setiap tugas yang di berikan oleh guru, kerjakan dengan sungguh-sungguh.

Nah teman-teman, setelah selesai mengerjakan tugas-tugas sekolah, kami ingin mengajak juga untuk teman-tema berpartisipasi dalam berbagi kunci jawaban ini ke teman lainnya. Caranya mudah kok, teman-teman cukuup share atau bagikan kunci jawaban ini ke sosial media atau group WA, terima kasih atas partisipasinya ya, semoga sukses.
Loading...

0 Response to "Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94, 95 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel